ARSITEKTUR DAN ORGANISASI KOMPUTER
TUJUAN PEMBELAJARAN
setelah mempelajari bab ini siswa diharapkan mampu :
- memahami media penyimpanan data eksternal
- membedakan beberapa alternatif pemakaian beberapa media penyimpanan data
PENGERTIAN ARSITEKTUR KOMPUTER
Arsitektur komputer adalah sebuah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. cabagn ilmu ini biasanya mempelajari komponen - komponen sistem komputer yang terhubung dengan perintah logis dari sebuah program.
Dalam hal ini, penerapan perencanaa dari masing - masing bagian akan lebih difokuskan pada bagaimana CPU, akan bekerja dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari memori cache, RAM, ROM, dan CD.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagi ilmu dan sekaligus seni mengenai cara menghubungkan komponen - komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
arsitektur komputer mempelajari komponen - komponen sistem komputer yang terkait dengan pemprograman,, dan memiliki dampak langsung pada erintah logis sebuah program. sebagi contohnya : set intruksi, aritmatika yang digunakan, teknik pengalamatan, dan mekanisme input/output (I/O)
Arsitektur komputer paling tidak mengandung 3 subkategori sebagai berikut :
a. set intruksi (ISA)
b. Arsitektur mikri dari ISA, dan
c. sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.
PENGERTIAN ORAGANISASI KOMPUTER
Organisasi Komputer adalah bagian yang terhubung denga komponen - komponen pelaksanaan dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam melaksanakan aspek arsitekturalnya. cabang ilmu ini biasanya mempelajari bagian yang terkait dengan unit - unit pelaksana komputer dan hubungan abtara komponen - komponen sistem komputer.
contoh aspek organisasi adalah teknologi hardware, perangkat antar muka, teknologi memori, dan sinyal - sinyal kontrol. sementara itu, arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian komponen - komponen sistem komputer yang terkait dengan seorang pemprograman.
sebagai contoh apakah suatu komputer perlu memiliki perintah pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. apakah instruksi pengalamatan tersebut akan dilaksanakan secara langsung ataukah melalui langkah cache kajian organisasional.
0 Comments