Sekilas tentang mobile commerce

Perdagangan elektronik, electronic commerce, yang biasanya disingkat dengan sebutan e-commerce, terus berjalan dan kini sudah mempengaruhi lingkungan bisnis yang amat luas. Berbagai teknologi dan aplikasi mulai memusat ke komputasi dan web wireless, atau bisa dikatakan dengandunianya dunia maya, atau dunia online. Kini datang semakin hari semakin tern, mobile e-commerce 
 
Mobile e-commerce, seperti dinyatakan oleh [mueller – verse, 1999], memusatkan atas kemungkinan transaksi bisnis melaui wirelles device, atau dikatakan semua ,menggunakan smartphone, contoh dari transaksi jual beli, transaksi antar bank atau dikatakan dengan e-banking. Sementara penerapan definisi e-commerce yang lebih luas dikemukakan oleh turban, dkk. [2002] dan adam, dkk[1998], yang meliputi suatu cekupan luas dari proses bisnis interaktif yang terjadi sebelum dan setelah transaksi penjualan yang sesungguhnya 

Perdagangan eletronik ( electronik commerce) adalah pertukaran elektronik (pengiriman atau transaksi ) tentang informasi, barang – barang, jasa, dan pembayaran atau jaringan telekomunikasi. Aktifitas e-commerce meliputi menetapkan / menentukan dan memelihara hubungan online antara organisasi dengan penyalurannya, dealer, peanggan, mitra strategis, pengaturan, dan agen lain yang berhubungan dengan ( atau mendukung) salurran pengiriman trandisional [warkentin, dkk[2001].

Aktifitas lainnya meliputi :
  •   Pencarian produk dan pembandingan oleh konsumen
  •   Presentasi informasi produk dan promosi oleh pabrikan dan pengecer,
  •   Mendukung post-purchase customer,
  • · Komunikasi antara penjual dan pengirim atau bank dan
  •  Aktifitas lain yang tidak secara langsung berhubungan dengan transaksi itu sendiri.